Sabtu, 21 Januari 2012

Mengatasi Panas Pada Komputer

Mengatasi Overheat Pada Komputer Dan Laptop

 


Ingin Mendapatkan Berbagai Macam Tutorial Terlengkap Full Versi B. Indonesia
Silahkan Klik Disini 

 



Overheat atau kelebihan panas adalah efek panas yang terjadi pada komputer yang disebabkan oleh beragam masalah.

Panas yang berlebihan pada komputer apabila tidak segera diketahui penyebab dan diperbaiki asalnya, bisa menjadi hal yang berbahaya dan patut diwaspadai oleh anda.
Kelebihan panas pada komputer dapat menyebabkan hal yang tidak anda inginkan contohnya : kerusakan hardware, sistem komputer yang melambat, bahkan bisa menyebabkan ledakan pada CPU komputer atau laptop!.
Tips Aman : Bagi Anda Pengguna Laptop, Dianjurkan Untuk Tidak Memangku Laptop Anda Yang Overheat Karena Dapat Menyebabkan Radiasi Panas Yang Berakibat Buruk Pada Kesehatan Alat Vital.
Perlu diketahui, overheat pada komputer disebabkan oleh berbagai hal, seperti :

Kasus 1 - Penggunaan Komputer Yang Terlalu Lama Dan Berlebihan
Kasus 2 - Komputer Tidak Dilengkapi Fancooler atau Kipas Penyejuk
Kasus 3 - Spesifikasi Atau Fitur Komputer Yang Terbatas
Kasus 4 - Suhu Ruangan Atau Lingkungan Yang Terlalu Panas
Kasus 5 - Rusaknya Komponen Hardware Pada Komputer

Baiklah, tanpa perlu basa basi, marilah kita bahas secara seksama satu per satu kasus-kasus overheat pada komputer tersebut. Mungkin artikel ini akan memberikan pelajaran, pemahaman, dan pencegahan terhadap komputer yang overheat bagi anda pengguna komputer maupun laptop.

Pembahasan Kasus Dibuka :
Kasus 1 - Penggunaan Komputer Yang Terlalu Lama Dan Berlebihan
Sebagai pengguna komputer yang baik, tentunya anda ingin menggunakan komputer dengan aman dan sehat. Sesuai dengan judul kasus ini, penggunaan komputer yang sehat adalah penggunaan komputer secara wajar dan tidak terlalu berlebihan. Anda harus mengetahui, bahwa penggunaan komputer yang terlalu lama/berlebihan/diatas batas penggunaan dapat menyebabkan panas berlebih atau overheat tersebut. Jadi dapat digaris bawahi bahwa menggunakan komputer anda dengan berlebihan dapat memici overheat. Jadi, saya sarankan untuk menggunakan komputer pada batasan yang sudah ditentukan. >>>Kasus 1 Ditutup

Kasus 2 - Komputer Tidak Dilengkapi Fancooler atau Kipas Penyejuk
Overheat sering terjadi pada komputer atau laptop yang tidak dilengkapi Fancooler atau kipas penyejuk. Kipas penyejuk pada komputer sangat penting, pada saat anda menggunakan komputer atau laptop dan terjadi kasus overheat, maka kipas penyejuk akan langsung meyejukkan bagian hardware yang panas dan membuang panasnya keluar dan menggantinya dengan udara sejuk dari luar. sehingga dapat didefinisikan, fancooler sangatlah penting bagi pencegahan overheat. Bagi anda pengguna komputer yang memiliki komputer yang tidak dilengkapi fancooler anda dapat segera membelinya atau membeli via Amazon di bawah ini. >>>Kasus 2 Ditutup
Tips Untuk Fancooler : Pastikan Fancooler Pada Komputer Anda Dalam Keadaan Baik Dengan Membersihkan Dan Melakukan Service Secara Berkala.
Kasus 3 - Spesifikasi Atau Fitur Komputer Yang Terbatas
Salah satu dari sekian banyaknya penyebab overheat adalah spesifikasi atau fitur komputer yang terbatas. Bagi anda yang memiliki komputer dengan spesifikasi terbatas mungkin harus mencegah overheat yang datang dan mengganggu aktifitas komputer anda anda. sedikit contoh yang saya berikan pada overheat yang terjadi pada komputer dengan spesifikasi terbatas : pada saat bermain game yang menuntut spesifikasi prosesor tinggi, bila anda memainkan game tersebut pada komputer yang memiliki spesifikasi terbatas. Maka yang terjadi adalah anda batal bermain game karena overheat dan mungkin komputer mati. Gunakanlah komputer pada spesifikasi yang telah dicantumkan. >>>Kasus 3 Ditutup

Kasus 4 - Suhu Ruangan Atau Lingkungan Yang Terlalu Panas
Selain overheat yang disebabkan pada komputer secara internal, overheat juga bisa terjadi pada lingkungan luar atau eksternal. Lingkungan dan lingkup ruangan atau luar ruangan yang kurang bersahabat seperti suhu yang panas dapat menyebabkan overheat dari luar yang berpengaruh terhadap sistem hardware komputer anda. Sistem hardware yang akan terpengaruh akan menyebabkan overheat. Sehingga, saya sarankan anda untuk menggunakan komputer atau laptop pada lingkup ruang yang memiliki suhu yang dianjurkan (tergantung spesifikasi pabrikan), menggunakan AC (Air Conditioner) pada ruangan, atau menghindari udara  panas di luar bagi anda pengguna laptop. >>>Kasus 4 Ditutup

Kasus 5 - Rusaknya Komponen Hardware Pada Komputer
Pada kasus terakhir ini, saya tidak terlalu ahli dan kurang paham akan sistim dan susunan hardware pada komputer. Overheating pada komponen hardware komputer juga bisa menjadi kemungkinan besar penyebab terjadinya overheat. Pastikan anda selalu menservice komputer secara berkala untuk memastikan performanya tetap dalam garis baik. Untuk kasus ke-5 ini, bila terjadi kerusakan hardware pada komputer anda, silahkan hubungi service center resmi terdekat. >>>Kasus 5 Ditutup

Bila masalah overheat anda berlanjut, hubungi service center resmi. Jangan sampai overheat mengganggu aktifitas komputer anda dan menyebabkan anda overhate.

Cara Mencegah/Merawat Laptop Agar Tidak Overheat (Terlalu Panas)

 

Kalian dapat mencoba untuk mencegah dan merawat laptop agar tidak Overheat atau terlalu panas dengan mengatur opsi power options dari Processor State di Windows 7.
  • Mengatur Kecerahan Layar Monitor Laptop
Buka Power Options dari ikon baterai yang biasanya ada di system tray atau lewat control panel.
Sekarang buka menu berikut: Change Plan SettingsChange Advanced Power Settings.
Pada windows yang muncul klik pada Processor Power managementMaximum processor state, dari sini kalian dapat mengatur settingan maksimum pada on battery plugged in.
Suhu Maksimal Untuk CPU (Processor) Komputer
Tergantung pada kinerja sistem laptop kalian, konfigurasi dan kebutuhan dapat disesuaikan menjadi 90% atau bahkan 80%.
Dengan mengurangi sedikit persentase konsumsi Processor maka dapat mengurangi panas yang dihasilkan sekitar 10-20 °C, dan tidak akan terlalu memperlambat kinjera laptop kalian. Jika kinerja komputer masih lancar saja, maka dapat diturunkan ke 80%, maka masalah laptop overheat atau terlalu panas dapat dikurangi.


 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar